Monday, October 21, 2013

Teka-teki Casillas

Tahun ini merupakan masa yang sulit bagi Iker Casillas setelah ia kehilangan tempatnya sebagai kiper utama Real Madrid. Mengingat jadwal Piala Dunia yang semakin dekat, akankah ia akan mencari klub baru?

Awalnya kiper ganteng Real Madrid ini adalah figur yang sangat beruntung karena bisa menempati posisi kapten baik di klub maupun di timnas Spanyol. Casillas dikagumi jutaan orang, dibayar perusahaan bir untuk mempromosikan produknya.

Setahun lalu, penjaga gawang yang biasanya dimainkan secara rutin dan selalu dalam skuad utama, bukan hanya dimainkan sekali atau dua kali dalam sebulan. Itu sebelum Mourinho menjatuhkan sanksi kepada pemain tersebut dengan membangkucadangkan dirinya mengingat sikapnya yang merasa senior dan menggantinya dengan kiper cadangan Antonio Adan.

Pada bulan Januari, Casillas mengalami cedera ketika bersinggungan dengan sesama pemain Madrid dalam laga melawan Valencia. Diego Lopez pun diturunkan untuk menggantinya, sejak itu beredar rumor jika Mourinho ada masalah dengan Casillas.

Sepeninggalan Mourinho, Carlo Ancelotti yang menggantikannya juga tetap membangkucadangkan Casillas. Diketahui, Casillas hanya akan dimainkan pada laga Liga Champion dan Copa del Rey. Jika melihat sisi teknis, ini adalah pendekatan yang terbaik mengingat Lopez dalam kondisi terbaiknya sejak dimainkan.

Kondisi ini menyulitkan Casillas dalam mendapatkan tempat utama di timnas Spanyol dalam laga melawan Belarusia dan tampaknya ia akan kehilangan tempatnya dan digantikan oleh Victor Valdes dari Barcelona.

Asumsikan Diego Lopez mengalami cedera atau dalam performa terburuknya dan Ancelotti memainkan Casillas, jumlah pertandingan maksimal yang bisa dimainkan Casillas adalah hanya 20 pertandingan sejak sekarang hingga akhir musim. Jumlah ini meliputi 11 pertandingan liga Champion dan sembilan laga di Copa del Rey dengan catatan Madrid harus melaju ke final. Hal ini akan cukup meyakinkan pelatih timnas Spanyol Del Bosque untuk memasukkan Casillas dalam skuad utama, namun hal ini belum bisa dijadikan jaminan seandainya Valdes mempunyai penampilan yang luar biasa di Barcelona.

Teka-teki Casillas


Casillas bisa jadi adalah korban dari sebuah klub besar yang bertaburan banyak bintang. Jika melihat skema perumpamaan kemungkinannya untuk tampil seperti ilustrasi di atas, peluangnya bisa jadi kecil. Kondisi di atas hanya bisa berjalan jika Lopez benar-benar cedera dan Ancelotti konsisten dalam memainkannya, kenyataan di lapangan, siapa yang tahu?

Salah satu solusi yang mungkin bisa diambilnya adalah pindah ke klub lain dimana kemungkinan ia bisa ditampilkan secara reguler lebih besar.

Meski jarang ditampilkan, Casillas masih menarik minat klub premier liga Inggris, Manchester City dan Paris St. Germain dikabarkan berminat terhadap pemain tersebut.

No comments:

Post a Comment